Loading...

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Pulau Komodo?

World traveller 30 Jan, 2018
Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Pulau Komodo?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Pulau Komodo?

 

Sebelum berbicara tentang kapan berkunjung ke Komodo, mungkin beberapa diantara kamu bertanya-tanya, mengapa kita harus berkunjung ke Pulau Komodo?
 
Jawabannya sederhana, selain kamu dapat menyaksikan secara langsung kehidupan alam liar kadal raksasa Komodo, Pulau Komodo juga memiliki alam yang luar biasa indahnya. Pulau Komodo adalah surga tropis dunia dengan laut biru yang jernih hingga struktur perbukitan dan geografis pulau yang menakjubkan. 
 
Jadi apa alasan bagi kamu untuk tidak mengunjungi pulau Komodo? Baik kamu yang ingin trekking perbukitan ataupun diving di laut yang indah, pulau Komodo adalah tempat yang indah. Kembali ke pertanyaan awal, kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Komodo? 

 

Januari – Maret

Januari masih cukup baik untuk sekedar berlayar di perahu, juga untuk melihat-lihat Kadal Komodo di Pulau Komodo atau pulau Rinca. Namun Januari masuk kedalam musim hujan, sehingga aktivitas Diving tidak direkomendasikan di bulan ini. Di bulan ini kamu dapat melihat festival Reba, yaitu festival panen tahunan dan syukuran kepada nenek moyang.
 
 
Bulan Febuari tidak direkomendasikan untuk berkunjung ke pulau Komodo karena merupakan puncak musim hujan. Operator perahu jarang berlayar di laut, selain itu aktivitas hiking menjadi lebih berbahaya. Aktivitas Festival Panen Tahunan Reba masih dirayakan di beberapa desa di bulan ini.
Awal Maret cuaca di Pulau Komodo masih berat untuk dikunjungi, walaupun menjelang pertengahan akhir Maret mulai membaik. Tur perahu dan hiking mulai dibuka pada akhir Maret seiring dengan menurunnya curah hujan di Pulau Komodo.
 
 

April – Juni

Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Komodo adalah di bulan April hingga Juni dikarenakan musim hujan telah berakhir. Juga sudah merupakan waktu yang tepat untuk diving.
Laut biru dan langit yang cerah, membuatmu ingin segera diving disana. Bulan Mei merupakan akhir dari musim hujan dan dimulainya musim kemarau. Siap2 dengan pemandangan alam yang menguning.
Bulan Juni merupakan salah satu waktu yang populer untuk mengunjungi Pulau Komodo. Beberapa desa merayakan pertunjukan tinju tradisional Etu atau Sagi. Juni juga merupakan bulan yang baik untuk diving.

Juli – September

Bulan Juli hingga September, merupakan waktu para wisatawan banyak berkunjung ke pulau Komodo. Kamu akan menemukan banyak turis pada bulan-bulan ini. Bulan Juli dan Agustus juga merupakan musim kawin Komodo, sehingga sangat mudah bagi kamu untuk menemukan mereka di bulan ini.
 
 
Pada bulan ini juga dirayakan perayaan penti dan ritual pertunjukan cambuk tradisional di beberapa desa. Pada bulan September, kamu akan lebih sering melihat kehidupan alam seperti Paus, Ikan Manta, dan tentu saja Komodo. Menjelang pertengahan September, jumlah turis sudah tidak sebanyak bulan-bulan sebelumnya.

Oktober – Desember

Memasuki bulan Oktober, jumlah turis lebih sedikit dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Tetapi di bulan ini kamu masih mudah menemui Paus, ikan Manta, dan Komodo. Cuaca di bulan Oktober cukup baik, tidak terlalu panas, dan juga sempurna untuk diving.
 
 
Sedangkan bulan November merupakan bulan terakhir untuk melihatnya banyak Paus, Ikan Manta, dan Komodo. November juga masih musim kemarau, sehingga kamu masih bebas untuk hiking, diving, ataupun snorkling.
 
Menjelang akhir November hingga bulan Desember, hujan mulai sering turun pada malam hari, namun laut masih cenderung tenang. di bulan Desember kamu masih bisa diving dan melihat ikan Manta, walaupun mungkin tidak sebanyak di bulan-bulan sebelumnya.
sumber : komodoclubtours.com
Thank you for your inquiry

We will get back to you soon.
Incase of urgent or emergency, you could call us at 021-3855-388 or our call center 24hours at 021-2921-9999 or whatsapp at +62819-2921-9999